Perilaku Pengguna Media Sosial

 


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh jasa social media marketing. fFitur status update pada situs jejaring sosial facebook dapat membantu remaja dalam mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui pada tahapan perkembangan remaja saat ini, seperti perubahan emosi, sehingga banyak remaja yang mengungkapkan apa yang sedang dirasakan melalui status update.  Atau yang dalam media sosial Instagram mengunggah status dalam bentuk foto dan video, khususnya fitur Instagram stories yang dapat diberi tulisan-tulisan (Reza, 2017).


Media sosial di kalangan remaja banyak digunakan untuk hal-hal antara lain memperbaharui status, menuliskan curahan hati keseharian mereka, melihatlihat media sosial artis.  Menurut informan SNA, SR, AP dan AQM pada saat peneliti menanyakan hal apa saja yang dilakukan saat membuka media sosial, mereka menjawab hal yang dilakukan ketika membuka media sosial biasanya membuat status tentang apa yang sedang mereka rasakan, melihat-lihat profil artis. 

Lalu surveri jasa social media marketing selanjutnya adalah informan SPW, YI dan AKN menyebutkan bahwa hal yang dilakukan ketika membuka media sosial adalah membagikan foto saat bersama dengan teman-temannya, atau mengunggah foto kemudian diberi kata-kata. Hal tersebut sesuai dengan penelitian Putri, Nurwati, & Budiarti (2016) bahwa kalangan remaja yang telah memiliki media sosial biasanya akan memposting mengenai kegiatan kesehariannya, curhatannya, serta foto-foto bersama temannya. Dalam sebuah penelitian Choi & Bazarova (2014) juga mengungkapkan bahwa pada update status facebook memiliki tujuan untuk mengekspresikan diri dibanding dengan memposting di dinding pengguna lain atau pesan pribadi.

Posting Komentar

0 Komentar